Saat kami naik kereta api, kami mendapatkan
nomor tempat duduk yang letakknya tepat dibelakang toilet kereta api. Kami pun
merasa beruntung karena kami dapat mengamati toilet dengan cukup dekat. Ketika
perjalanan pulang pun, kami mendapatkan lokasi yang sama. Sempat kami berpikir,
how lucky we are!
Namun, saat kami berbincang ke salah
seorang penumpang, kami menemukan jawaban dari keberuntungan kami, ternyata hal ini berhubungan dengan pemesanan
tiket kereta sebelumnya. Saat kami memesan tiket kereta api di stasiun, kami
ditawarkan berbagai macam pilihan harga pada jenis kereta dan jurusan yang
sama. Kami tidak sempat menyakan apa perbedaannya, dan secara otomatis kami
memilih tiket dengan harga yang paling
murah. Ternyata, keberagaman harga tiket kereta api tersebut bergantung pada
nomor letak bangku. Semakin murah harga tiketnya, semakin dekat letak bangku
dengan toilet kereta.
Hal ini menggelitik kami, mengapa demikian?
Apakah lokasi toilet yang berdekatan dengan tempat duduk akan merugikan bagi
penumpang? Ya.. itu jawabannya. Banyak penumpang yang merasa kurang nyaman jika
berada di dekat toilet, ketidaknyamanan ini disebabkan bauyang sangat tidak
sedap. Alasan ini tentunya disadari oleh pengelolah PT. Kereta Api Indonesia,
sehingga menerapkan system ini. Hal ini menunjukkan bahwa pengelolah kereta api
tidak mencari solusi dari ketidaknyamanan tersebut, namun mencari solusi agar
penumpang mau dan tetap betah duduk di dekat toilet dengan kondisi tersebut
(dengan memberikan harga lebih murah).
Bagaimana dengan pengalaman Anda?
0 comments:
Post a Comment