Toilet
merupakan salah satu fasilitas terpenting dalam sebuah transportasi. Namun
demikian, sering dijumpai pelanggaran atau penyimpangan dalam penggunaan
fasilitas transportasi, salah satunya ialah toilet dalam kereta api.
Ekspresikan dirimu! Tapi lihat tempatnya…
Vandalisme
adalah merusak fasilitas. Vandalisme kita temui dalam toilet kerta api, yaitu
mencorat-coret dinding toilet. Dari beberapa toilet yang tersedia
digerbong-gerbong kereta api mulai dari kelas eksekutif sampai kelas bisnis,
kami menemukan satu toilet yang terdapat coretan.
Coretan di salah satu tembok toilet kereta |
Tahu? Tidak tahu? Atau pura-pura tidak tahu?
Sistem
pembuangan dalam toilet kerta api kelas bisnis yang kita temui, ialah
pembuangan secara langsung, sehingga pembuangan dari dalam jambang, akan
langsung keluar ke rel kereta. Dengan demikian terdapat larangan untuk
menggunakan toilet saat kereta berhenti. Kenapa? Hal ini agar sisa pembuangan
tidak tercecer di suatu tempat saat kereta berhenti, yaitu stasiun. Kalau hal
ini terjadi, pasti dapat dibayangkan sisa pembuangan yang tercecer di stasiun
akan menimbulkan masalah yang cukup serius.
Pipis yang belum disiram... |
Hal
ini menjadi daya tarik bagi kami untuk menayakan ke beberapa penumpang mengenai
himbauan larangan tersebut. Dari hasil wawancara kami, 77% mengatakan tahu
tentang hal tersebut dan sisanya 23% mengakatan tidak tahu. Salah satu yang
tidak tahu ialah penumpang macanegara, hal ini disebabkan himbauan yang hanya
berbahasa Indonesia. Dengan hasil demikian, besar harapan kami bahwa sebagian
besar penumpang akan menggunakan toilet saat kereta berjalan. Namun, saat kami
turun di stasiun tujuan kami, mata kami terbelalak ketika melihat air turun
dari bawah kereta api, tepat diposisi toilet kereta. Air tersebut pasti berasal
dari air sisa pembuangan pengguna toilet. Air yang keluar, terhempas di lantai
toilet, sungguh menjijikan.. Ternyata walaupun sebagian besar penumpang tahu
akan larangan tersebut, tetap saja ada yang melanggarnya.
Penggunaan toilet saat kereta berhenti di stasiun |
Siapakah
yang salah?
Sistem
toilet yang langsung? Bisa jadi..
Sistem
Informasi yang kurang jelas? Bisa jadi..
Kesadaran
penumpang yang masih rendah? Bisa jadi..
Sistem
informasi dan juga kesadara, penumpang inilah yang perlu dibenahi dan
ditingkatkan kembali guna kenyamanan bersama.
0 comments:
Post a Comment